Tips Motivasi Belajar

Siapa pun orangnya dan dimana pun berada pasti mengalamai sebuah proses belajar. Kalo tidak, kita tidak akan bisa berbicara, berjalan, makan, dan melakukan aktivitas-aktivitas hidup lainnya. Ya semuanya dilakukan dengan melalui sebuah pembelajaran.

Tips Motivasi Belajar
Belajar tidak terbatas oleh waktu dan usia. Selagi kita hidup ya kita mesti belajar kecuali jika kita tidak punya harapan-harapan dan keinginan di masa depan. Karena semua orang pasti punya sebuah cita-cita. Namun tidak semua orang begitu tertarik dengan kegiatan belajar. Belajar itu memang sulit dan kadang menyebalkan pada masa awal namun jika sudah bisa semuanya akan terasa mudah.

Nah untuk itulah kita perlu sebuah motivasi belajar. Terus bagaimana kita dapat motivasi belajar agar proses pembelajaran terasa menyenangkan. Nah berikut ini adalah beberapa Tips mendapatkan Motivasi Belajar :

1. Belajar bidang yang disenangi dulu.
Khususnya untuk para pelajar di jenjang SD, SMP dan SMA memang tidak mudah mempelajari semua mata pelajaran yang diberikan oleh guru. Untuk itu, pertama-tama pelajarilah dengan sungguh-sungguh dulu pelajaran yang kita senangi. Fokuskan pikiran kesana, untuk pelajaran lain, karena anda memang tidak merasa tertarik pada pelajaran ini. Gak usah terlalu fokus, minimal tahu aja tentang apa isinya.

2. Jangan terpaku ke nilai, kerjakan yang terbaik
Nilai yang diberikan guru itu bukanlah segalanya, untuk itu anda tak usah mati2an mengejar nilai. Kerjakanlah yang terbaik, maka nilai akan mengikuti anda. Jika kenyataannya ada seseorang yang nilainya lebih tinggi dari anda. Anda tak usah iri, yang penting anda sudah mengerjakan yang terbaik. Intinya do the best aja. Kalau terpaku ke nilai nanti malah mendorong anda untuk mencontek sana-sini cari jawaban yang benar. Bahaya nyontek itu bikin negara miskin lhoo.

3. Baca kisah-kisah orang sukses
Untuk menjaga agar motivasi selalu membara, anda harus punya seorang figur yang mampu menggerakan langkah anda tuk menggapai cita-cita. Penulis sendiri begitu mengagumkan Bill Gates dan Mark Zuckerberg. Setiap motivasi sedang down penulis selalu membayangkan kesuksesan mereka sehingga semangat kembali menggebu.

4. Percaya diri
Percayalah dengan diri anda sendiri, tak usah pedulikan apa kata orang tentang anda. Biarlah mereka meremehkan impian anda. Bagi penulis, ketika ada seseorang yang meremahkan impian saya maka akan semakin semangat saya mewujudkan impian tersebut. Semakin banyak yang meremehkan ya semakin semangat. Masih ingat cerita Thomas Alva pembuat bola lampu dan Wright bersaudara pencipta pesawat terbang yang malah di cap sebagai orang gila oleh masyarakat. Tak ada yang percaya satu pun dengan impian-impiannya. Mereka tetap bersikukuh dan percaya dengan mimpinya. Hasilnya seperti yang sekarang kita lihat sendiri. Keren kan?? :D

Nah itulah tadi beberapa Tips Motivasi Belajar. Semoga bisa menjadi pembangkit motivasi belajar.

Tips Motivasi Belajar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Balqish Al Hidayati

0 komentar:

Posting Komentar