Daftar Pertanyaan Umum Saat Interview Kerja

Interview kerja tidak terlepas dari beberapa pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh si pewawancara. Sesi wawancara ini merupakan tahap paling penting bagi pelamar kerja agar bisa diterima. Ini adalah tahap akhir yang harus dilewati sebelum resmi bekerja di sebuah perusahaan tertentu, untuk itulah di tahap yang amat crusial ini jangan pernah sia-siakan waktu anda. Lakukan semua dengan the best.

Daftar Pertanyaan Umum Saat Interview Kerja
Tidak mudah memang namun bukan berarti hal ini menjadi hal yang sangat sulit. Pelajarilah beberapa pertanyaan umum yang sering di ajukan oleh pelaku interview kepada pelamar kerja. Apa saja ya, berikut diantaranya :

1. Ceritakan mengenai diri anda?
Pertanyaan ini merupakan pertanyaan umum yang paling sering diajukan kepada para pelamar kerja. Jawablah dengan singkat, padat, dan jelas. Lakukan dengan percaya diri, ramah dan sopan. Jawab apa adanya dan sejujur-jujurnya.

2. Mengapa anda ingin bekerja disini atau memilih jabatan ini?
Untuk menjawab pertanyaan ini anda membutuhkan beberapa informasi mengenai profil perusahaan, seperti visi dan misi perusahaan. Ceritakan juga pengalaman kerja sebelumnya jika anda melamar kerja di jabatan tertentu. Jawab dengan jujur, tegas, dan sopan.

3. Coba ceritakan apa kelebihan dan kekurangan anda?
Cobalah ceritakan beberapa kompetensi yang anda miliki yang berhubungan dengan posisi kerja yang akan anda lamar. Ceritakanlah kelebihan-kelebihan serta pengalaman-pengalaman anda terkait pekerjaan yang anda lamar.

Selain kelebihan-kelebihan, ceritakan juga kelemahan-kelemahan anda. Tapi ingat jangan sampai anda mengatakan kelemahan anda yang berhubungan dengan kualifikasi kerja yang harus anda miliki, misal saya orangnya agak malas, saya sering telmi, dsb. Lalu kita harus berbohong gitu? Tidak juga. Intinya bagaimana caranya sebisa mungkin kita tidak mengatakan kelemahan-kelemahan kita, jawablah dengan jawaban seakan-akan kekuatan anda adalah kelemahan, sebagai contoh: "Saya adalah orang yang terlalu teliti akan detail." atau anda dapat menyebutkan kelemahan Anda dan membuktikan bahwa Anda telah melewati kelemahan tersebut. "Dulu saya sering kesulitan menghitung tapi sekarang sudah tidak lagi."

4. Mengapa Anda pindah dari pekerjaan anda sebelumnya?
Jika pewawancara mengajukan pertanyaan ini, jangan menjawab hal-hal negatif apalagi menceritakan kejelekan perusahaan atau seseorang. Jawab dengan hal-hal positif seperti peluang karir yang lebih baik, kesempatan untuk mencoba hal yang baru, dan sebagainya.

5. Apa pencapaian besar yang pernah anda raih?
Ketika menjawab pertanyaan ini, jangan pernah sekali-kali anda terlihat kebingungan atau kebanyakan mikir. Tenangkan pikirkan dengan cepat apa penghargaan terbaik dan yang paling signifikan yang terjadi dalam dunia karir atau kehidupan anda. Misal anda pernah dipercaya menjadi seorang ketua, anda berhasil meraih target-target hidup, dan sebagainya.

6. Berapa gaji yang Anda inginkan?
Jika si pewawancara menanyakan tentang berapa gaji yang anda inginkan, jangan langsung menyebutkan nominalnya. Cobalah balik bertanya, "Berapa rentang gaji yang biasa diberikan untuk posisi ini?" Disini anda bisa melakukan negoisasi selanjutnya.

Nah itulah tadi beberpa Daftar Pertanyaan Umum yang sering diajukan Saat Interview Kerja.
Semoga bisa membantu. :D

Daftar Pertanyaan Umum Saat Interview Kerja Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Balqish Al Hidayati

0 komentar:

Posting Komentar